Teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

Rumah merupakan kebutuhan dasar masyarakat, namun pemenuhan kebutuhan tersebut belum sepenuhnya dapat dilakukan oleh masyarakat. Pada tahun 2014 jumlah kebutuhan rumah di Indonesia mencapai 15 juta. Di sisi lain pertumbuhan penduduk di Indonesia terus meningkat, sehingga berpengaruh terhadap kebutuhan rumah yang juga terus bertambah.

Terlebih untuk penanganan ulang perumahan di lokasi bencana, rumah sederhana tersebut harus mampu dibangun dengan cepat dan memiliki kemampuan tahan gempa. Sementara di sisi lain, rumah tersebut juga harus mampu dikembangkan, karena berdasarka penelitan PUSKIM (1996-2000) 80?ngunan tempat tinggal telah mengalami perubahan dari bentuk asli, baik karena terjadi kerusakan bangunan atau pun pertambahan jumlah penghuni rumah

Teknologi Risha adalah perwujudan sebuah rumah dengan desain modular, yaitu konsep yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) dengan ukuran yang efisien agar dapat dirakit menjadi sejumlah besar produk yang berbeda-beda. Desain bangunan rumah dengan system modular ini dapat diubah-ubah atau dikembangkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari penghuninya.