Teknologi Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor

Sepeda motor telah menjadi moda transportasi alternatif bagi masyarakat negara berkembang, termasuk di Indonesia.

Kinerja angkutan massal yang belum baik telah mendorong masyarakat untuk mencari moda alternatif yang bisa memenuhi kebutuhannya. Mobilitas yang cukup tinggi menjadi salah satu alasan dipilihnya sepeda motor sebagai moda transportasi, selain harga sepeda motor yang relatif terjangkau untuk masyarakat.

Dengan kenaikan jumlah penduduk yg cukup tinggi, maka kebutuhan akan sarana transportasi juga meningkat. Pertambahan jumlah kendaraan bermotor yang cukup tinggi tanpa diikuti dengan peningkatan kualitas infrastruktur dan sarana transportasi berdampak terhadap turunnya kinerja persimpangan bersinyal, yaitu mengurangi volume yang dilewatkan pada fase hijau

Untuk mengatasi penurunan volume di persimpangan bersinyal, maka perlu dilakukan rekayasa lalulintas. Rekayasa lalulintas diharapkan dapat memperbaiki kinerja di persimpangan bersinyal menjadi lebih efektif yaitu berupa fasilitas khusus sepeda motor.

Untuk itu Balitbang PUPR menghadirkan teknologi yang diperuntukkan bagi sepeda motor yang dikenal dengan teknologi Ruang Henti khusus atau RHK di persimpangan

RHK sepeda motor pada persimpangan merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah penumpukan sepeda motor pada persimpangan bersinyal. RHK sepeda motor didesain untuk fasilitas ruang berhenti sepeda motor selama fase merah yang ditempatkan di antara garis henti paling depan dengan garis henti untuk antrian kendaraan bermotor roda empat.

RHK dibatasi oleh garis henti untuk sepeda motor dan marka garis henti untuk kendaraan bermotor roda empat lainnya. Kedua marka garis henti ditempatkan secara berurutan dan dipisahkan oleh suatu ruang dengan jarak tertentu. Di antara kedua garis henti ini, terbentuk suatu area penungguan selama fase merah, yang memungkinkan sepeda motor dapat menunggu di depan kendaraan bermotor lainnya di kaki persimpangan.

Teknologi RHK dilengkapi dengan lajur pendekat yang dimaksudkan untuk membantu memudahkan sepeda motor mendekati garis henti di mulut persimpangan. Dengan demikian, RHK berfungsi untuk membantu sepeda motor langsung ke persimpangan dengan mudah dan aman yang memungkinkan sepeda motor dapat bergerak lebih dahulu dari kendaraan roda empat dan membuat persimpangan bersih lebih dahulu.