Teknologi Tambalan Cepat Mantap (TCM)

Jalan memiliki peran penting dalam berbagai bidang, baik dalam bidang ekonomi, sosial budaya, maupun integrasi nasional suatu negara. Sejalan dengan waktu kinerja perkerasan jalan akan mengalami penurunan atau jalan mengalami kerusakan. Kerusakan perkerasan dapat diakibatkan oleh repetisi beban kendaraan, daya dukung fondasi atau tanah dasar yang lemah, kondisi drainase yang tidak baik, pengaruh air, atau kombinasi beberapa faktor tersebut.

Kerusakan pada perkerasan jalan di indonesia pada umumnya diakibatkan oleh beban lalu lintas, kondisi cuaca, atau kualitas bahan-bahan yang kurang baik. Salah satu jenis kerusakan yang terjadi, terutama pada musim penghujan adalah kerusakan berupa lubang. Hal ini kerap kali menjadi penyebab timbulnya kemacetan dan kecelakaan lalu-lintas.

Untuk menangani kerusakan jalan secara cepat dan tepat, Balitbang PUPR menghadirkan Teknologi Tambalan Cepat Mantap atau TCM sebagai solusi mudah dan cepat, dengan biaya operasional yang relatif murah, serta kuat dan tahan lama Ditinjau dari life cycle cost analysis, TCM dapat melakukan kegiatan penambalan lebih cepat, mudah, berkualitas, murah, serta tahan lama. Selain itu produknya dapat di simpan dalam jumlah yang besar.