Teknologi Recycling Sampah (TPS3R)

Pengelolaan sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan mutlak dilakukan pada semua sektor, termasuk sektor pariwisata. Pada sektor ini, ketersediaan sarana prasarana persampahan dan teknologi yang ramah lingkungan sangat dibutuhkan guna meningkatkan daya tarik wisata.

Salah satu situs wisata di sekitar Candi Borobudur adalah kawasan wisata religi Gunung Pring, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Kawasan ini selalu ramai di kunjungi peziarah khususnya pada setiap malam Jum’at dan bulan-bulan tertentu.

Kegiatan wisata religi dan permukiman di sekitar makam Gunung Pring ini menghasilkan timbulan sampah yang besar khususnya pada bulan-bulan puncak kunjungan.

Dalam kondisi tersebut, petugas kebersihan lokasi makam tidak mampu lagi melakukan kegiatan pengumpulan, pengangkutan, dan pengelolaan sampah secara efektif

Untuk menjawab tantangan dan permasalahan tersebut, Balitbang PUPR melakukan kegiatan replikasi perdana teknologi, inovasi konsep kelembagaan, pembiayaan dan tata kelola persampahan di kawasan wisata religi Gunung Pring.